Wednesday, September 2, 2009

daifuku~

yap, jadi kemaren gue bikin daifuku buat buka puasa.

hasil akhirnya lumayan sih, kayak gini:



daifuku buatan gue, kakak dan ade gue. fotonya rada burem, gue tau -___-

kemaren gue nemuin resepnya di wikihow.com, dan karena (terlihat) mudah, akhirnya gue dan yang lain setuju buat bikin daifuku laknat tersebut.

err..

buat yang penasaran, gue kasih deh resepnya:

bahan":
- 2 cangkir tepung beras ketan, buat mochinya
- 2 cangkir air MATANG.
- gula halus kira" 3 cangkir
- 1 cangkir anko/kacang merah yang udah dijadiin pasta, kalo ga punya/males bikin gapapa
- kira" 1,5 cangkir tepung beras ketan lagi, tapi udah disangrai (dimasak di wajan ga pake minyak)
- strawberry
- minyak pati jagung (corn starch) , kalo ga ada bisa diganti sama minyak goreng
- garam dapur

cara masaknya seperti ini-->

1. bikin anko: rebus kacang merah kira" 1 cangkir, tambahin garam sedikit + gula kira" 1 cangkir, hancurin di food processor

2. terus strawberrynya dilapisin anko

3. campur tepung beras ketan, sisa gula, sama air sedikit"

4. cari mangkok lebar yang microwave safe, lumurin pake minyak goreng tipis"

5. tuang adonan beras ketan ke mangkok microwave, sedangkal mungkin biar adonannya mateng. tutup atasnya pake plastik wrapping erat", pake plastik wrapping secukupnya yaa inget, global warming!

6. masukin microwave, dimasak kira" 7 menit atau sampe jadi. kalo ga punya microwave (woo miskin :P), kukus aja 15 menit

7. sangrai sisa tepung beras ketan. tepung ini bakalan dipake buat melapis mochinya biar ga lengket, jadi pindahin ke piring paling lebar dan paling datar yang lo punya

8. pindahin mochinya (pake spatula!) ke piring yang barusan, taburin tepungnya diatas dan dibawah adonan biar ga lengket di tangan

9. bentuk adonannya bulet" pake tangan, tipisin, kasih isian, tutup. hati" adonannya masih panas BANGET.

10. masukin kulkas.

dan voila, jadilah daifuku!

dan bila anda bertanya" rasanya kayak gimana, seharusnya sih enak.

seharusnya.

masalahnya, gue lupa kasih gula, garam, tepung lupa disangrai, strawberrynya asem, anko juga cuma dihancurin pake sendok...

lebih parah lagi, adonannya ga 100% matang, gara" pas lagi dimikrowep, tiba" mati lampu. oiya, pas dimicrowave, gara" gue nutupin pake plastik wrappingnya erat", akhirannya jadi kayak mau meledak gitu. jadi hati" buat yang mau bikin, kalo lo liat plastik wrappingnya udah mau meledug, segera ambil yang tajem-tajem (bukan golok!), trus hati" tusuk plastik di bagian pinggir. gue saranin lo nusuk plastiknya pake lidi/tusuk sate yang panjang, jadi lo berdiri di belakang tutup mikrowepnya trus lo tusuk deh tu plastik. yah kali aja meledug, kalo lo berdiri di belakang tutupnya kan lo ga kena adonan sama uap panasnya -___-

karena kakak gue berpendapat bahwa adonannya sudah cukup matang, akhirnya langsung dilumurin tepung yang belum disangrai.

untungnya sih, gue lumayan bisa bikin daifukunya berbentuk bagus, jadi banyak yang tertipu gitu mengira daifukunya enak hahaha

rasanya? uh...

kayang tepung beras mentah.

ralat: tepung beras mentah dikasih kacang merah tumbuk tawar dan strawberry asem. ga enak banget, gue makannya udah batuk" gitu hahaha. masih banyak sisanya di kulkas nih, ada yang mau? ;)





ps:
buat anak" plurkmania (rana igor tania lidya),

gue nulisnya dibentuk bulet" lo bukan belut-belut HAHAHAHA

1 shoutout:

Anonymous said...

cie BELUT-BELUT wekekekekek (rofl + lmao versi plurk)

Post a Comment